Senin, 24 Mei 2010

Orang-orang yang nyoret-nyoret di hidupku (part I)

Mmm...posting kali ini mau mencoba mendeskripsikan orang-orang yang udah pernah aku kenal selama ini. Mungkin enggak semuanya masuk dan gak detil-detil amat karena keterbatasan fungsi otak. Tapi moga-moga yang ikut kesebut gak marah yah? Peace :P

Bapak: gak pernah liat bapak nangis SAMA SEKALI! Suka sama anak kecil. Kolot. Kalo ngelucu atau tanya sesuatu suka diulang-ulang dan gak cuma sekali dua kali, tapi bertahun-tahun dari aku masih balita sampek udah kuliah pertanyaan dan guyonannya sama. It's true dan gak lebai. Gak gaul tapi pengen gaya-gaya gaul biar nyambung sama aku dan babi :| perokok berat, sehari bisa 4 pack lebih :(

Ibu: sebenernya tipikal ibu rumah tangga banget, cuma karena jalan takdir jadi ikut politik. Telaten, pinter masak, pinter jahit, punya solusi buat segala masalah kecuali masalah cinta dan kuliah.

Babi: punya prinsip dan jalan pikiran sendiri. Orientasi hidup keren. Berhubung kita cuma jarak 13bulan dan dia satu-satunya sodara kandung, jadi kita sering cerita-cerita tentang kuliah, cinta, keluarga. Cuek yang dianggep sebagai cool. Gak pelit tapi gak mau ngasih oleh-oleh kalo dia ngapel pacarnya di bandung karena terkendala biaya.

Tante ganik: dalam banyak hal kita emang punya banyak persamaan. Tante ganik baik, mau dengerin curhat dan lebih open mind. Tapi aku gak pernah curhat soal cinta ke tante ganik.

Om anung: karena merupakan "seseorang" jadi keluarga ikut ngimbas lah. Pertama kali muncul di TV seluruh keluarga nunggu-nunggu di depan tv dan rasanya seneng campur aneh orang yang kita kenal yang tiap hari raya kumpul sekarang ada di situ. Tapi lama-lama biasa juga, enggak nunggu-nunggu kemunculannya lagi. Bagiku sendiri, walaupun om anung baik sering ngasih sangu (hihihi) tapi ada sedikit gak nyaman kalo di deketnya. Padahal orangnya gak ngapa-ngapain, heran juga. Dan aku sebenernya risih kalo anak-anak nyangkut-nyangkutin kita berdua. Bukan apa, aku cuma gak pengen ngerusak reputasi om anung karena kita berdua adalah orang yang jelas-jelas beda dari segi pandangan dan cara hidup.

Putri Prayit: putri baik banget. Aku inget tiap kali aku dulu sakit pasti dibawain salak atau roti atau makanan yang aku suka terus aku dipijitin. Putri karena ketaatannya dalam agama dan sering tirakat gitu jadi punya kemampuan lebih. Putri bisa ngerti anak dan cucunya lagi ngapain aja. Punya feeling yang kuat. Bahkan putri bisa tau isi smsnya adik sepupuku ke pacarnya. Kayak liat tv katanya. Putri juga bisa punya feeling yang kuat tentang hal yang akan terjadi. Tapi enggak bersifat ngeramal gitu, putri kayak dikasih penglihatan sama Allah. Misalnya waktu aku kelas 3 dulu, putri bilang gak terlalu kawatir karena katanya jalanku udah dimudahkan (tapi putri gak bilang jelas waktu itu) dan waktu udah ada pengumuman, putri bisa tau kalo yang keterima di ITS dari smada waktu itu 6 orang (kalo gak salah). Putri juga bisa ngelihat makhluk halus. Walaupun udah sepuh, putri masih suka puasa mutih walaupun udah dilarang-larang sama anaknya.

Kakung Prayit: kakung kata ibu orangnya dulu galak. Tipe-tipe priayi banget. Makan kaki gak boleh diangkat di meja, digonceng mesti miring, jam malam maksimal jam9, dll. Tapi sama cucu-cucunya kakung gak segalak itu kok. Kakung pekerja keras. Kakung buat nyekolahin 7 anaknya sampek dibela-belain kerja sambilan ini itu. Kakung tidur larut malam dan bangun pagi-pagi banget. Kakung pernah bernadzar gak akan pernah tidur di kasur sebelum anak-anaknya bisa sukses dan hidup enak. Alhamdulillah sekarang kita sekeluarga bisa hidup enak. Kakung baik, suka ketawa, walaupun enggak seluwes putri tapi kakung punya cara sendiri buat mengekspresikan rasa sayangnya. babi cucu kesayangan kakung. babi satu-satunya bayi yang naek meja makan, ngobok-obok sayur, dan gak dimarahi. Mas adit dulu aja dimarahi. Waktu kakung meninggal, acara pemakamannya lumayan gede. Walaupun kalo orang ngeliat kayaknya pemborosan, tapi kita keluarga emang bener-bener sayang kakung dan pengen yang terbaik buat kakung sampek akhir kita nganter kakung pergi dari dunia ini :'(

Kakung dan putri prayit itu contoh pasangan yang sweet dalam cara yang berbeda. Kakung selaku kepala rumah tangga selalu bersikap keras karena kakung gak pengen anak istrinya gak punya aturan. Kakung masih ada darah dari keluarga kerajaan jogja jadi pola hidupnya priayi banget. Putri sebaliknya, orangnya kalem, lembut, makanya cocok sama kakung. Putri manut banget apa kata kakung. Kemana-mana kakung putri SELALU barengan. Ke pasar naek becak berdua. Ke rumahku berdua. Ke luar kota berdua. Hampir gak pernah berpisah. Kata orang jawa "kaya mimi lan mintuna". Itu lah kenapa kita sekeluarga kawatir banget sama putri waktu kakung meninggal. Kita semua tau putri adalah orang yang paling kehilangan. Sejak kakung meninggal, putri sering sakit-sakitan. Makanya itu kita sekeluarga berusaha sebisa mungkin ngebahagiain putri biar putri gak sakit. Kita masih butuh putri di sini. Putri pernah cerita suatu malem waktu putri sakit panas tinggi, putri didatengin kakung. Kakung ngajak putri pergi ke tempat kakung, katanya di sana lebih enak. Tapi putri gak mau, walaupun putri pasti sangat pengen bisa sama kakung, tapi putri tau...anak cucunya masih butuh putri. :'(

Mendeskripsikan kakung putri bikin aku nangis, hehehe... Aku lupa betapa kangen dan sayangnya aku sama mereka... Maaf putri kakung, aku gak bisa jadi priayi kayak yang selama ini kakung putri udah ajarin. Maaf aku belom bisa jadi yang terbaik yang aku bisa :'(

Tante iok: tante iok baik, sering ngajak aku liat pameran-pameran kalo di kediri, maksudnya juga biar lebih akrab ke aku. Waktu aku opname 3 hari di Baptis gara-gara tipus juga tante iok nyuapin aku makan. Kadang aku juga dikasih duit sama tante iok :)

Kakung Kayat: dulu waktu SD aku pernah nangis gara-gara temenku bilang kalo kakung kayat itu dukun. Aku gak tau sebelumnya dan aku baru tau dari temenku. Konon kakung kayat dulunya orang kaya gara-gara kerja di gudang garam. Jaman orang belom punya tv, keluarga bapak udah punya tv dan mobil. Aku sendiri gak seberapa deket sama kakung kayat. Aku cuma tau kakung sehari-hari gak pernah ke luar rumah dan pagar rumahnya selalu ditutup pas jam 9. Satu-satunya yang bikin aku masih perhatian ke kakung adalah karena aku gak pengen nyakitin perasaannya bapak ngeliat anaknya ternyata gak sayang atau care sama bapaknya.

Putri Kayat: gak banyak yang bisa aku gambarin dari putri kecuali tiap aku ke sana putri selalu cium pipiku dan bilang "cah ayu, bareng gede kok mundak ayu to nduk". Kalimat yang sama tiap saat. Dan aku tau kalo itu cuma kalimat hiasan dan gak berarti aku beneran tambah cantik.

Fara: kita pertama kali deket gara-gara kelas 4 SD kita duduk sebangku. Habis itu sampai sekarang bisa dibilang kita sahabatan. Fara itu keibuan. Fara lah yang logikanya paling main di antara aku sama niken kalo dalam hal cinta-cintaan. Dia melek rayuan. Fara keras kepala. Dia juga yang paling bisa masak di antara aku dan niken. Fara suka nggambar desain-desain baju di bukunya, especially baju pernikahan. Dan aku selalu ngerusak rancangannya, hahaha. Tulisan tangannya fara punya khas sendiri. Kayak rada-rada batik gitu sih :P

Niken: pertama kali kenal SMP kelas 1, dia masih lugu dan malu-malu (beda banget sama sekarang :|). Karena kita berdua sama-sama leo jadi lumayan banyak kemiripan sifat di antara kita. Niken cantik, banyak yang naksir, tapi dia termasuk selektif buat urusan pacar. Terakhir dia bilang gak mau buru-buru nikah. Niken kalo gak suka bakal ngeliatin gak sukanya beneran dan gak mau susah susah basa basi atau senyum ke musuhnya.

Bimo: targetku dulu paling gak bisa pacaran sama dia sampek 1 tahun lah, biar punya kenangan ngerayai aniverasary, hahaha... ternyata malah udah 3 tahun lebih kita tetep sama-sama, walaupun banyak juga cobaannya. Bimo itu visual. Simpel dan cenderung datar. Menurutku dia sebenernya rada tipe orang plegmatis tapi kalo gak salah dia pernah tes gituan dan hasilnya sanguin. Bimo cuek, moody, bukan tipe orang yang mau berjuang keras buat sesuatu. Sekilas aku dan dia kayak berbeda banget, tapi belakangan aku nemuin suatu kesamaan pola atau apa lah antara aku dan dia. Tapi susah buat dijelasin. Bimo itu egois dan sering suka semaunya sendiri. Tapi aku sayang dia dari keseluruhan paketnya :)

Ferdi: orangnya berprinsip, visioner, logic, raja online, termasuk rajin lah, tanggungjawab, kadang bisa jayus kalo kelamaan chatting sama dia :| gak bisa olahraga sama sekali (hahaha). Keras kepala. Dia obat yang baik kalo lagi kobam. Gak bisa diajak gila (ngelakuin sesuatu yang di luar kebiasaannya). Belom pernah pacaran seumur hidup.

Indira: temennya ferdi di FK Uner. Belom pernah bener-bener ketemu orangnya, tapi tiba-tiba dia add aku di facebook dan gak tau gimana tiba-tiba jadi sering saling ejek dan kita jadi semakin deket gara-gara aku jadi sering online pas masa-masa putus dari bimo. Indira orangnya baik, sama jayusnya kayak ferdi, orangnya asik, mesum tapi anehnya dia religius juga. Tapi mesumnya sekedar becanda, karena dia belom pernah pacaran sama kayak ferdi, hahaha.

Adel: guyonan paling nyambung dan gak jayus. Adel orangnya asik, mau gila, tapi juga tanggungjawab sama tugas. Cerdas, tapi males. Adel agamanya bagus, walaupun dia kayaknya selengekan. Kadang dia jadi terlalu bener dan itu jadi bikin gak ngeenakin. Adel baik dan jiwa sosialnya tinggi. Walaupun gak cantik, tapi karena personalitynya yang nyenengin jadi banyak yang diem-diem naksir dia.

Riris: awalnya aku pikir dia anaknya ekstrovert, tapi sekarang aku jadi semakin tau kalo dia introvert. Riris sejak kepergian bapaknya jadi sering bolos kuliah dan tugas. Tapi sebagai teman, aku dan adel juga bingung mau bantu dengan cara apa. Riris paling seneng kalo diajak jalan ke mall.

Okta: orangnya romantis, perhatian, cemburuan, petualang. Okta tau tempat-tempat seru dan mau ngelakuin sesuatu yang baru. Dia pacar yang asik, KALAU dia gak selingkuh dan segudang kebohongan lain yang dia udah lakuin selama pacaran dulu. (based on ingatan jaman SMP)

Finda: temen seangkatan babi, tapi lebih deket sama aku karena sering nginep di rumah, maen bareng, dll. Finda udah kayak adek sendiri. Finda adalah tipe-tipe cewek peduli penampilan. Rambutnya dikeramasin tiap hari. Bajunya modis dan kayaknya sekarang jadi suka pake celana atau rok mini. Finda berpengalaman soal cowok. Anehnya dia pacaran gak pernah bentar, selalu bertahan lama, tapi termasuk gonta-ganti juga sih.

Aaaaaa....ternyata masih banyak yang belum masuuuuukk! Udah ah capek, itu dulu aja, kapan-kapan kalo mood dibikin part II nya deh :P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar